Sabtu, 29 Agustus 2015

Review Hataraku Maou-sama!

Anime yang ingin ane bahas kali ini berjudul Hataraku Maou-sama. Anime ini diadaptasi dari novel karangan Satoshi Wagara dan diproduksi oleh Studio WhiteFox, studio yang sudah memproduksi anime-anime keren seperti Katanagatari, Steins;Gate dan juga Jormungand Series.

Synopsis

Hataraku Maou-sama menceritakan tentang Raja Iblis, Maou Sadao dan juga Jenderalnya, Alsiel yang terpaksa harus lari ke dimensi lain setelah dikalahkan oleh pasukan manusia yang dipimpin oleh Emilia. Sialnya, Maou dan Alsiel malah terlempar ke bumi, planet dimana magic hanya dipercaya sebagai sesuatu yang fiktif.

Berbeda dengan Ente Isla, penggunaan magic di bumi sangatlah terbatas. Situasi ini menyebabkan hampir semua kekuatan Maou dan Alsiel menghilang. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk tinggal di bumi sementara waktu sambil memikirkan cara memulihkan kekuatan mereka agar bisa kembali ke Ente Isla.

Atas dasar itulah Maou memutuskan untuk bekerja Part Time di MgRonald agar bisa bertahan hidup di bumi. Tentunya, sebagai langkah awal untuk mewujudkan mimpinya (Menaklukan Ente Isla).

Story

Kebayang gak sih, gimana jadinya kalo Raja Iblis bekerja Part Time di MgRonald? Dan hal seperti ini cuma bisa kita temuin di Hataraku Maou-sama!

Konsepnya sangat unik, menarik dan bikin penasaran. Dengan mengambil inti cerita tentang makhluk fantasi yang datang ke bumi, tentu banyak sekali potensi comedy yang bisa di eksplor didalamnya. Dan HataMaou tidak menyia-nyiakan potensi tersebut. Anime ini sangat pintar dalam memaksimalkan keunikan konsep yang mereka punya untuk diolah menjadi comedy yang menyegarkan. Tanpa melibatkan fanservice everywhere ataupun adegan-adegan super absurd yang seringkali tidak masuk akal dan terasa dipaksakan.

Maka tak aneh jika AmagiPark menjadikan Hataraku Maou-sama sebagai salah satu Rekomendasi Anime dengan Comedy Terbaik yang Wajib Ditonton.


Namun, di samping kecemerlangan comedy-nya, anime ini punya kekurangan yang sangat fatal. Dan itu terletak pada jalan ceritanya.

Bagi kalian yang tidak baca Light Novelnya pasti merasa kalo cerita HataMaou itu random banget, kan? Cerita yang dibangun diawal seakan tidak ada artinya dan Endingnya pun sama sekali tidak menjawab kebingungan pentonton.

Yap itu wajar. Mungkin karena anime ini hanya diadaptasi dari 2/13 Volume yang ada. Sehingga ceritanya itu terkesan random dan tidak menjawab masalah yang dibangun di awal episode.

Ditambah lagi, laju ceritanya itu LAMBAT BANGET. Bukan karena ceritanya yang kompleks, melainkan karena HataMaou lebih fokus ke comedy daripada jalan ceritanya. Unsur penyusun seperti Action, Drama & Romance pun hanya dijadikan katalis untuk memperkuat pilar comedy-nya saja.

Character

Nonton HataMaou tengah malem, paginya perut sakit banget. Gara- gara dibuat ngakak semaleman sama ni anime hahaha.

Kalo ditanya kenapa anime ini kocak?
Jawaban ane simpel, KARAKTERNYA GOKIL BANGET!

Sebenarnya, karakter di HataMaou itu normal seperti anime pada umumnya, hanya saja karena latar belakang mereka sebagai Demon dan Hero, tentu menjadikan karakter didalamnya menjadi karakter yang unik.


Dan HataMaou menyadari hal itu, Anime ini dengan pintar memanfaatkan latar belakang mereka sebagai makhluk fantasi untuk dijadikan comedy yang mengundang tawa. Hero yang tsundere? Iblis yang hikikomori? Malaikat yang masochist? Meskipun kita tidak berminat untuk tahu lebih banyak tentang kisah latar mereka, tapi tetap saja kita akan penasaran dengan apa yang akan terjadi pada mereka atau siapa lagi yang akan muncul berikutnya.

Untuk character development-nya sama sekali tidak terlihat. Perubahan yang terjadi terlalu tiba-tiba. Maou yang diawal diceritakan bengis tiba-tiba berubah 180 derajat. Tidak ada penjelasan kenapa Maou mendadak enggan melukai orang-orang di bumi.

Tapi hal itu bukanlah suatu masalah, toh dengan begitu comedy-nya lebih terasa, kan? HataMaou lebih cenderung menambah karakter baru dibandingkan menjelaskan detail development yang terjadi tiap karakternya. Dan itu sukses besar, karakter-karakter baru yang muncul itu selalu saja punya keunikan tersendiri dan selalu berhasil bikin ane ngakak. Contoh paling nyatanya adalah karakter ini :

Hataraku Maou-sama

Music

Ryosuke Nakanishi yang juga menangani music score untuk Kuroko no Basuke berhasil menghadirkan music score untuk HataMaou yang cukup variatif, indah dan memiliki sentuhan magis yang sangat pas dalam membangun feel dari cerita.

Ane suka banget sama Opening Theme-nya yang berjudul ZERO!! Suara Minami Kuribayashi emang seksi banget. Salah satu Japanese Singer yang paling ane suka.

Ending Theme-nya pun gak kalah enak, terutama lagu Tsumabiku Hitori yang masuk ke dalam daftar OST anime terbaik, yang dijadikan lagu ending di episode terakhir Hataraku Maou-sama.

Dan yang paling patut untuk dipuji adalah BGM-nya. permainan BGM yang stop mendadak atau drop ketika dialog konyol terlontar di tengah adegan serius itu pas banget. Benar-benar niat dalam membangun kekocakan didalamnya XD

Kemudian BGM yang paling ngenah di telinga adalah BGM yang berjudul The Devil Regains His Strength. Sesuai dengan judulnya, BGM ini biasanya muncul di action scene saat Maou memperoleh kekuatan magicnya.

Nih kalo pengen denger :



Rating

Overall, Hataraku Maou-sama adalah salah satu yang ane rekomendasikan untuk ditonton. Comedy fantasinya bener-bener cerdas, dijamin bisa bikin kalian ngakak guling-guling.

Yang paling disayangkan dari anime ini adalah endingnya, karena tidak menjawab pertanyaannya dari masalah yang dibangunnya. Wajar sih, soalnya kan anime ini cuma mengadaptasi 2/13 dari volume yang ada.

Terus ada season 2 nya gak?
Sama sekali tidak ada pengumuman kalo season 2 nya akan rilis. Ane juga heran, padahal materinya masih banyak dan penjualannya pun lancar. Seharusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak merilis season 2 nya.

Sedikit spoiler nih :


Hayooo siapa itu yang ditengah?
Kalo season 2 nya muncul (Amiin), nanti akan membahas tentang si anak kecil tersebut. Pokoknya ceritanya jauh lebih seru dan lebih kocak dari yang sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar