Sabtu, 29 Agustus 2015

Review Mirai Nikki

Bagaimana perasaan kalian jika secara tiba-tiba mendapatkan buku harian atau diary yang bisa meramal masa depan?  

Senang bukan main, bukan?
Tak ada lagi yang perlu ditakutkan dari ujian sekolah, tak perlu khawatir kalah judi, dan dengan mudah kita bisa menghindari suatu masalah yang seharusnya menimpa kita. Singkatnya, hidup akan terasa lebih mudah.

Lantas, bagaimana perasaan kalian ketika menyadari kalian diseret dalam suatu survival game tak lama setelah mendapatkan diary tersebut?

Tentu kebahagiaan yang didapat akan sirna seketika, bukan?
Keberuntungan yang didapat secara tiba-tiba berubah menjadi sebuah kutukan.

Seperti itulah konsep cerita dari anime yang akan dibahas pada review kali ini. Sebuah anime yang diadaptasi dari Manga karangan Sakae Esuno yang berjudul Mirai Nikki. Sama percis dengan judul animenya.

Synopsis

Anime ini menceritakan tentang Ikari Shinji Amano Yukiteru, seorang murid SMP yang menghabiskan kesehariannya dengan menulis diary tentang apa yang terjadi disekitarnya. Suatu hari, kehidupannya berubah 180 derajat ketika diary-nya tersebut bisa menampilkan tentang apa yang akan terjadi 90 hari kedepan. 

Namun, kebahagiaan yang didapat setelah mendapatkan diary ajaib itu sirna ketika ia menyadari kalo dirinya dipaksa untuk berpartisipasi dalam suatu survival game bersama 11 orang lainnya. Sebuah Deathgame yang dibuat oleh Deus Ex Machina, God of Time and Space

Rulesnya simpel, para peserta diharuskan untuk membunuh satu sama lain dengan menggunakan diary tersebut sebagai senjata utamanya. Dimana si pemenang akan menggantikan posisi Deus sebagai Dewa Ruang dan Waktu.

Story

Deathgame dengan menggunakan diary yang bisa meramal masa depan?
Konsep unik yang patut untuk diacungi jempol. Hanya melihat konsepnya saja, ane langsung bisa membayangkan kalo anime ini bakalan keren abis, penuh dengan plot twist yang tidak bisa diprediksi.

Tak berenti sampai disitu saja, diawal episode kita langsung disuguhkan dengan cuplikan berdarah-darah yang langsung disambut dengan lagu opening yang sangar. Hanya melihat sekilas saja, kita langsung tau kalo anime ini benar-benar anime yang sayang untuk dilewatkan.

=== Spoiler Alert ===

Dan ternyata, statement ane kalo Mirai Nikki punya segudang potensi untuk memunculkan plot twist yang tidak diprediksi itu BENAR. SANGAT BENAR!!


Yap semua dimulai ketika power ranger salah satu diary owner menyerang. Coba kalian lihat gambar diatas, kemudian tolong kemukakan apa yang kalian pikirkan setelah melihatnya?

Aneh? Setuju
Alay? Bingits
Keren? Hmmm.. Bisa jadi

Yap, seperti itu juga pendapat ane setelah melihat penampilan dari karakter tersebut. TAPI, bukan disitu permasalahannya. Meskipun sejujurnya ane juga sedikit terganggu dengan desain karakter si Twelfth, tapi bukan itu yang ingin ane bahas.

Terus dimana masalahnya?
~Hipnotis no Jutsu~
Para penonton dipaksa harus menelan mentah-mentah fakta bawah si Twelfth ini punya suatu jurus ninja yang bisa menghipnotis banyak orang sekaligus.

Lah terus anehnya dimana? Toh ini kan anime bergenre supernatural.
Yap itu juga benar.
Meskipun menggunakan unsur supernatural sebagai konsep utamanya, namun pertarungan yang terjadi di deathgame ini terlihat sangat realistis. Unsur supernatural yang ada, hanya sebatas di diary saja. Selebihnya, pertarungan dilakukan dengan menggunakan pisau, pedang, pistol, bom dan sebagainya (Tanpa ada campur tangan magic didalamnya).

Dengan kata lain, para peserta harus mencari cara gimana cara mengalahkan peserta lainnya dari informasi yang didapatnya di Future Diary tersebut. Dan ini membuat konflik yang terjadi menjadi sangat kompleks dan membuat penasaran para penontonnya.

Hingga pada akhirnya, si power ranger pun datang menunjukan kesaktiannya dengan menghipnotis banyak orang secara bersamaan guna mengalahkan Sixth. Dan menurut ane, ini sangat merusak "citra realistis" yang sudah tertanam sebelumnya.

Apa namanya kalo bukan magic?

Terlihat jelas bahwa anime ini mencoba membuat sebuah situasi yang mampu membuat penonton terkesima. Sayangnya cara yang dilakukan kurang efektif, mereka menambah kadar supernatural kedalam deathgame ini. Dan cara tersebut sukses membuat penonton kebingungan. CONGRATS!

Belom selesai sampai disitu.
Setelah Arc Power Ranger selesai, para penonton diperkenalkan dengan diary owner yang lainnya, Fifth. Ini dia penampakannya :


Bocah berumur 4 tahun ini sudah cukup pintar untuk memikirkan cara elit dalam membunuh orang dengan menggunakan jarum suntik dan gas beracun.

Hebat, bukan?

Yang jadi permasalahan itu bukan kondisi psikologi anak tersebut (Justru psikologi seperti inilah yang cocok untuk Mirai Nikki), melainkan darimana dia bisa mendapatkan benda-benda seperti itu? It's absurd.

Well, mungkin rada aneh juga sih kalo harus mempermasalahkan nilai logis di anime ini. Jadi untuk statement ane di paragraf diatas jangan terlalu diseriusin yak, cuma unek-unek doang hohoho.

=== Spoiler End ===

Sebenarnya, masih banyak kejanggalan yang terjadi di anime ini. Tapi gak mungkin kan kalo harus ane bahas satu persatu? Namun, jika kalian bisa memaafkan kejanggalan-kejanggalan yang ada, anime ini akan menjadi tontonan yang sangat menarik.

Terus kisah romance yang ada di anime ini juga cukup menarik untuk diikuti. Perkembangan hubungan antara Yukki dan Yuno benar-benar digambarkan dengan baik. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan kalo Mirai Nikki termasuk salah satu Anime Action - Romance Terbaik di Tahun 2011.

Characters

Keunikan karakter tentu memegang peranan yang sangat penting di anime bertemakan survival games. Dan Mirai Nikki terbilang cukup sukses dalam menciptakan karakter unik yang membuat anime ini semakin berwarna. Contoh besarnya adalah Gasai Yuno.

Gasai Yuno adalah salah satu duta yandere yang seringkali diklaim sebagai waifu oleh wibu-wibu tak bertanggung jawab. Tidak bisa dipungkiri lagi, berkat keunikannya Yuno berhasil menjadi salah satu karakter anime yang terkenal di kalangan anime lover. Ntah itu dikenal sebagai karakter anime yang dibenci ataupun karakter anime yang dicintai.

Namun, karena minimnya pembahasan mendetail tentang peserta survival game (kecuali Yuki, Yuno & Minene) justru menimbulkan tanda tanya dari para penontonnya. Namun hal ini masih bisa ditoleransi, tentu akan terasa sangat sulit jika harus menjelaskan semua peserta secara mendetail hanya dengan 26 episode yang ada.

Seenggaknya, anime ini sudah menjelaskan pertanyaan paling mendasar yang akan timbul di benak penonton. Yaitu, kenapa para peserta mau mengikuti deathgame ini? Dan ane rasa, hal itu sudah lebih dari cukup.
Sound

Semua Lagu Opening maupun Endingnya sangat enak didengar. Terutama opening pertamanya :)

Lagu sangar seperti ini bener-bener cocok untuk dijadikan opening theme di Mirai Nikki. Gak tau kenapa, berkat lagu ini kesan Gore-nya Mirai Nikki itu jadi bertambah pesat. Lagu berjudul Kuusou Mesorogiwi dan dinyanyikan oleh Yousei Teikoku ini sangat enak untuk didengar.

Untuk BGM-nya, jujur ane gak terlalu merhatiin. Mungkin karena atmosfer mencekam yang disebabkan oleh sadisnya action scene yang terjadi di animenya. Hanya satu BGM yang nempel di telinga, dan jujur BGM ini berhasil membuat ane sedih ketika medengarnya.

Penasaran?
Nih kalo mau denger :



Rating

Tidak ada anime yang tidak luput dari kesalahan, begitu juga Mirai Nikki. Meskipun terdapat beberapa kesalahan didalamnya, namun jumlah keunggulannya tentu jauh lebih banyak daripada jumlah kesalahannya.

Mirai Nikki bukan anime masterpiece, tapi anime ini punya segudang action scene keren nan sadis sebagai nilai plus-nya. Jadi wajar saja jika banyak orang diluar sana yang menyatakan kalo Mirai Nikki adalah salah satu Anime Action dengan Jalan Cerita Paling Seru yang harus kalian tonton.

Oiya anime ini ada unsur nudity-nya juga..
Jadi jangan kaget ketika kalian melihat puting-puting tak disensor di anime ini Nyahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar