Minggu, 04 Oktober 2015

Review Nagi no Asukara

Sebenernya rada gak doyan juga sih nonton anime romance dengan drama. Apalagi romance-romance yang NTR-nya kentel kaya gini wkwkwk.

Cuma gak bisa dipungkiri kalo Nagi Asukara ini termasuk salah satu Anime Romance Terbaik yang Ada di Tahun 2013.

Nagi Asukara adalah anime original P.A Works yang rilis pada musim Fall 2013 silam, di musim yang sama dengan anime keren seperti Log Horizon, Magi: The Kingdom of Magic, Golden Time, Kill la Kill, Kyoukai no Kanata, Strike the Blood, Kuroko no Basuke, Tokyo Ravens dan anime keren lainnya.

Nah  gak tau kenapa, tiba-tiba kepikiran pengen nonton Drama. Padahal kurang suka dengan genre ini. api yasudahlah, coba nyari deh. Alhasil, kepikiran deh nonton Nagi no Asukara. 


Saya juga gak ngerti apa alasan saya mendadak keinget anime yang satu ini. Padahal sewaktu pertama kali airing, saya bener-bener nggak melirik anime ini. Alasannya? Karena waktu itu lagi merasa nggak butuh dosis drama. Nah begitu butuh, download deh. Tanpa ragu, langsung sikat nonton maraton seharian.

Dan saya AMAT SANGAT TIDAK MENYESAL nonton anime ini. #nangisgulingguling #MelukGulingLiatMiuna  #MoeTingkatDewa

Sinopsis:

Anime ini bercerita tentang grup yang terdiri dari Sakishima Hikari, Mukaido Manaka, Hiradaira Chisaki, dan Isaki Kaname. Mereka adalah 4 orang anak 14 tahun penghuni bawah laut yang merupakan sahabat akrab sejak kecil. Setelah sekolah bawah laut mereka ditutup, keempatnya pindah ke sekolah di daratan. Pertemuan keempatnya dengan seorang siswa daratan, Kihara Tsumugu, pun mengubah segalanya, khususnya apa yang ada dalam hati masing-masing. 

Manusia paling lebay.. Hati-hati mbak ditelen bulet-bulet XD

Review:

Saya akan mulai dengan beberapa pertanyaan.
  1. Pernah nggak, Anda suka sama seseorang, tapi orang itu ternyata suka dengan temen baik Anda sendiri?
  2. Pernah nggak, Anda menyatakan cinta ke seseorang, padahal sudah tahu bakal ditolak karena satu dan lain alasan, just for the sake of relieving yourself?
  3. Pernah nggak, Anda terus-menerus mengaku suka sama seseorang, padahal Anda jelas-jelas jauh lebih deket sama orang lain dan merasa amat sangat nyaman dengannya, tanpa sadar sejak kapan kenyamanan itu tercipta?
  4. Pernah nggak, Anda terlalu fokus suka sama seseorang yang *pada akhirnya* menolak Anda, sampai-sampai Anda nggak menyadari kalau ada orang lain yang menganggap Anda sebagai orang yang spesial dan selalu setia memandang diri Anda dari kejauhan?
  5. Pernah nggak, Anda suka sama seseorang yang Anda kenal dari kecil, tapi SUSAH banget untuk confess sama orang itu? Kalo Anda pernah mengalami 2 atau lebih di antara gejala-gejala di atas, segera periksakan ke psikiater. Saya nyatakan Anda siap untuk "nyemplung" ke dalam suasana emosional  anime ini. Meskipun agak sedikit lebay sih wkwkwk.

Kalo nggak pernah satupun, well... kasian deh lu nikmati sajalah! Animenya bagus kok~ d(≧∀≦)

Format biasa yah. Kelebihan! 

Bikini Bottom 2013.. Sayangnya 26 episode nonton gak nemu Spongebob sama Patrick :(

Pertama, sudah jelas, Visualnya Imbaaaa!

Dan seperti biasa, Studio P.A. Works kembali menghadirkan sesuatu yang terlalu amazing untuk dilewatkan. Artworknya itu loh halus banget, mungkin lebih ampuh dibanding obat mata yang dijual gocengan di apotek. Kecuali Anda penyandang disabilitas mata atau mungkin bintitan. Nggak bisa saya deskripsikan banyak-banyak, pokoknya silakan lihat sendiri betapa indahnya Bikini Bottom desa bawah laut Shioshishio dan sisik-sisik berkilauan yang menari di kedalaman. Desain karakternya juga oke, dengan seragam ijo-putih yang... MWAAAAAH~ Plus, siput lautnya lucu... (≧∀≦) (padahal mah binatang aslinya bikin geli-geli somplak)

Kedua, sistem.

Serius deh, perpaduan legenda dan timeline masa kini alternatif yang disuguhkan bener-bener bikin saya jatuh hati! Hebatnya lagi, saya nggak menemui satupun hal mengenai sistem yang tidak dijelaskan, nggak ada sedikitpun yang bolong. Diceritakan secara gamblang, simpel, dan bercampur sempurna dengan flow alur tanpa mengganggu flow emosi yang ada.

Ketiga, elemen.

Komplit, unik, dan perfectly concluded! Baik yang menggelitik logika maupun yang memeluk perasaan, keduanya ada di anime ini. Elemen time skip yang ada bener-bener sukses menjadi modal bagi plot dan development untuk berkembang keren gila-gilaan dan berhasil mengaduk-aduk perasaan. Segala konflik juga dieksekusi sampe selesai. Tuntas tas tas TASSS sampe ke akar-akarnya! Masalah hubungan antar karakter-karakternya selesai (siapa dapet siapa, siapa yang nggak dapet siapa-siapa), orang-orang darat dan laut sukses berdamai, dunia terselamatkan, dan hebatnya... misteri pada legenda masa lalu yang menjadi fondasi cerita juga diakhiri dengan konklusi yang klik!

Keempat, efisiensi.

Ke-26 episode 100% BERHASIL menjadi rangkaian cerita utuh tanpa ada satu episodepun yang tidak berguna. Bahkan saya berani mengatakan, NGGAK ADA SATUPUN MENIT PADA PLOT YANG TERBUANG SIA-SIA! Tiap menitnya (MENIT!) selalu mengantarkan saya pada level plot/character development yang lebih sakinah, mawaddah, dan warrahmah yang lebih baru dan berkembang. Eksekusi plot yang padat dan super efisien ini... beneran, jarang BANGET ada di anime-anime jaman sekarang yang sangat terindustrialisasi. Well... mungkin karena anime original juga ya. Jadi udah dirancang bener-bener paten dari awal supaya 26 episode ceritanya ini ini ini dengan ending begini. Kalo hasil adaptasi dari media lain pasti ada yang entah dipangkas entah ditambah-tambahin supaya muat dengan jatah slot 12/13/24/26 episode. 

Siputnya Lucuuuuu #Eeeh #Salah Fokus #Plaak

Kelima, eksekusi dan ide.

Idenya... serius, klasik. Klasik banget, hampir kayak dongeng-dongeng jaman dulu. Tapi! Eksekusinya bener-bener sadis, keren abis! Kadar racikan bumbu sweet, heartwarming, sad, and sorrow-nya juga pas BUANGET. Kembali ke analogi masakan, "bahan utama"nya murah meriah, tapi "bumbu-bumbu" dan "tingkat kematangan" yang dihasilkan begitu sempurna! Jadilah "hidangan" anime yang maknyus, sangat cocok disantap oleh jiwa-jiwa galau yang lapar.

Keenam, bom. Eh... "ledakan" dalam cerita.

Bisa saya bilang kalau hal ini adalah salah satu special move dari sebuah film/anime drama. Saya kasih contoh adegan:
A: "Sebenernya... aku suka sama C..."
B: "Oh ya? Aku denger padahal C sukanya sama D."
A: "Iya, makanya kamu jangan ngomong-ngomong ke D---"
Dan si D, yang merupakan temen akrab A dan B, tiba-tiba udah berada dalam posisi di deket keduanya, sempet denger pembicaraan. BHUMMMM!!!

Bagi sebagian orang, trik itu basi dan biasa. Tapi kalo buat saya pribadi, nggak. Jika penempatannya sangat tepat, maka dapat menjadi efek kejut yang menggebrak. Dan itulah yang ada di anime ini. Timing-nya dalam "menjatuhkan bom" begitu sempurna dan nggak bisa diprediksi, sampai-sampai saya refleks berseru, "NHAAAAA... ketauaaannn... JRENNGGGG".

Ketujuh, the finale...

KARAKTER!

Saya harus kasih applause buat para staff P.A. Works sebanyak bilangan Avogadro untuk hal ini. Inilah yang memungkinkan Nagi no Asukara menjadi drama romance dengan hembusan flow emosi yang bikin saya galau total. Seluruh karakter utamanya berhasil menjerat empati saya secara maksimal! Jujur, nggak keitung berapa kali saya nangis dari episode 1-26... (>__>)

Dan terpaksa... saya harus menggunakan border keramat ini lagi.

===SPOILER ALERT=== 

Yang belom nonton, bagian ini di skip aja.. Pengen sedikit beberin cerita :D

First male protagonist, Sakishima Hikari. Pusat penyelesaian segala perkara di anime ini, seorang warrior of love yang akan melakukan apapun demi kebahagiaan orang yang dicintai (cie... cieee.. CIEEEEE #plak) meski dia ngeliat kalo orang yang disukainya punya tanda-tanda suka pada salah satu temennya sendiri.

Setelah time skip, sifat gigihnya itu kembali ditunjukkan demi melakukan ritual necromancy melihat orang yang disukainya bisa "bangkit" kembali. Saking gigihnya, dia nggak nanya-nanya dulu tentang kebenaran segala sesuatunya. Dia juga terlalu fokus sama orang yang disukai, sampai-sampai nggak nyadar kalau ada DUA cewek lain yang menyimpan perasaan terhadap dirinya. Emm... terlalu fokusnya emang mirip-mirip saya sih... (@__@) cuma saya agak males aja buat usaha sekeras dia

First heroine, Mukaido Manaka. Seorang cewek berpostur petite berkelakuan cukup unyu bersuara moe-moe basah (Hanazawa Kana gitu lohhh...). Tidak bisa disangkal kalau dialah pemicu segala perkara di anime ini. Cukup dengan dirinya menunjukkan tanda-tanda suka pada temen daratannya, plot pun mulai terbentuk. Bahkan hanya dengan menampilkan sedikit "keraguan yang dirahasiakan" (apakah perasaannya beneran cinta atau sekedar kagum), pelatuk pun ditekan, menembak jalan cerita sehingga terbentuk klimaks pertama.

Setelah time skip, sleeping beauty yang satu ini tetap tertidur hingga 3/4 total episode berjalan, terbangun dengan cara yang... cukup bikin saya nyeletuk, "Heh?". Namun lagi-lagi, kehilangan "sesuatu hal" yang dialaminya setelah terbangun dari tidur sukses mengobrak-abrik plot, mengarahkannya menuju klimaks kedua, bersamaan dengan terungkapnya "keraguan yang dirahasiakan" yang ditunjukkannya sebelum time skip. Well... actually, saya punya kelakuan yang beda tipis dengan main heroine. Sekedar kagum? Beneran cinta? Ataukah karena batas antara 2D dan 3D yang udah agak nge-blur buat saya? 

Boobs #ups

Second heroine, Hiradaira Chisaki. Berlawanan dengan Manaka, posturnya tergolong bagus untuk cewek-cewek seusianya with curves and 'plot'. Seseorang yang cuma bisa memandang Hikari dari kejauhan, karena dia tahu kalo Hikari cinta mati sama Manaka. And she's confessed to Hikari just for the sake of relieving herselfsetelah dirinya 'ditembak' oleh orang lain.

Sebagai satu-satunya orang laut yang berubah setelah time skip, Chisaki pun punya waktu tambahan untuk terus bersama dengan seseorang yang juga berubah. Heroine paling batu dan indecisive di anime ini dalam urusan perasaan. Meski terus-menerus mengaku kalo dirinya suka sama Hikari, tetapi practically dia JAUH lebih nyaman bersama seseorang yang juga berubah tersebut tanpa menyadari sejak kapan perasaan nyaman itu muncul. Pada akhirnya... bisa ditebak ya? Dan seandainya saya diperhadapkan dengan skenario yang sama dalam hidup, saya mungkin bisa menjadi JAUH lebih indecisive dari Chisaki. Mulut sih terus ngomong si A, tapi hati nyaman ke si B... ~!@#$%^&*()_+ nge-harem aja deh kalo gitu.

Second male protagonist, Isaki Kaname. Bishounen yang satu ini awalnya terlihat nggak begitu berpengaruh pada plot, bahkan boleh saya katakan "setengah figuran" di beberapa episode awal. Namun segalanya berubah ketika confession-nya pada Chisaki menyerang. Melesat lurus menuju hati sang 2nd heroine, yang pada akhirnya berimbas juga pada Hikari dan Manaka.

Mengetahui Chisaki yang berubah, cowok yang satu inipun menjadi lebih agresif dalam melakukan serangan-serangan ke jantung pertahanan lawan. Sayangnya, semuanya masih membentur mistar hati sang pujaan (maap, World Cup effect XD). Mirip-mirip sama Hikari, dia terlalu fokus pada Chisaki dan parahnya, digantungin tanpa ada kata "NO" yang lugas. Karena sejak awal dia sering merasa "paling nggak cocok sendiri" sama ketiga temennya yang lain, seringkali dia ngerasa sendirian meski nggak pernah ditunjukkan. Kesabarannya berbuah hasil yang memuaskan, mendapatkan grand prize seorang cewek yang selalu memandang dia dari kejauhan. Emm... and I really understand his loneliness. #nangisdarah

Third male protagonist, Kihara Tsumugu, yang kelihatannya merupakan orang disukai Manaka di awal-awal. Makhluk daratan ganteng bin cool yang satu ini bisa saya katakan adalah yang paling "tersembunyi" karena nggak pernah terlihat menunjukkan emosinya. Selalu pasang muka datar, dan gaya bicaranya juga beda total dengan Hikari. Butuh kejelian ekstra untuk tahu siapa sebenarnya yang dia sukai kalo mengamati 13 episode awal. Ada beberapa subtle clue di situ, tapi sekali miss, Anda harus nonton terus sampai 23 untuk tahu (ingat, tiap menit begitu berharga di anime ini --- so, focus!).

Time skip membawa berkah buat Tsumugu, seseorang yang juga berubah selain Chisaki. Permintaan kakeknya yang mengajak Chisaki tinggal bareng serumah (isi rumahnya jadi Tsumugu, kakeknya Tsumugu, plus Chisaki) menjadikan dirinya sebagai karakter utama pertama di anime ini yang mendapat jackpot. Meski demikian, nggak ada tanda-tanda di anime yang menunjukkan kalo dirinya dan Chisaki pernah pacaran apalagi bikin kelakuan "aneh-aneh" (please throw aside your dirty mind). Kerennya lagi, dia mendeklarasikan secara jujur dan lantang perasaannya pada Chisaki sewaktu sedikit ada konflik dengan Hikari, kemudian mengatakannya empat mata pada si cewek yang dimaksud. So gentleman! Udah gitu bisa jadi pendengar dan penyimpan rahasia yang baik pula. #sembah Third heroine, Hisanuma Sayu, yang baru bisa digolongkan sebagai main heroine setelah time skip. Seorang yang pada awalnya hanyalah loli biasa yang sedikit annoying dan bandel, namun berhasil ditaklukkan oleh Kaname. Meski Kaname cuma memberikan perlakuan yang simpel, namun efek jangka panjangnya membekas banget buat Sayu. Sejak saat itulah loli yang satu ini menyimpan perasaan pada Kaname.

Time skip menjadi kesempatan bagi dirinya untuk berkembang lebih baik. Terinspirasi cinta masa kecilnya, Sayu berubah menjadi seorang cewek rajin dan pinter, semata-mata supaya dirinya nggak dianggap anak kecil lagi oleh pujaan hatinya, Kaname, seandainya cowok itu terbangun. Dan... penantiannya nggak sia-sia setelah memendam perasaan tersebut sekian lama. Cewek inilah yang saya bilang grand prize bagi Kaname. Ah...first love is really beautiful... especially from childhood ones... #nangisbeling

Miuna Best Girl.. Moe Moe Kyun

Best of the best of the best of the best girl of the show sekaligus temen baik Sayu, Shiodome Miuna. Sama seperti Sayu, Miuna nggak bisa saya katakan main heroine sebelum time skip terjadi. Dan 11-12 dengan Sayu, Miuna juga punya seorang childhood crush, yaitu sang main protagonist, Hikari. Sebelum time skip, diceritakan bahwa Akari, kakaknya Hikari, menikah dengan papanya Miuna (ibu kandungnya diceritakan udah meninggal sebelum timeline di cerita). In the other words, Miuna suka sama paman tirinya sendiri. Tapirapopo toh kalo om tiri? :P

Mirip dengan kasus Sayu, Miuna juga terus sabar menunggu hingga Hikari terbangun. Sampai di sini, bisa saya katakan nggak sia-sia karena dialah salah satu orang yang menemukan Hikari pertama kali setelah time skip. Keseriusannya pada Hikari juga ditunjukkan dengan menolak temen sekelasnya yang confess padanya. Namun naas, segalanya nggak berjalan sesuai harapan Miuna. Perasaan sukanya pada Hikari terus ditekan dan disembunyikan (meski akhirnya ketauan dalam suatu krisis), karena dia tahu Hikari cuma punya satu orang di hati: Manaka. Seriously... she deserves a far better reward. JADI KAYAK MIUNA ITU SAKIT TAU GAK! SAKITTTT!!!! UDAH NUNGGU LAMA, EH NGGAK DAPET!!!!! ARRRGGGHHH SERIOUSLY WHYYYY щ(゚Д゚щ)#curcol

===SPOILER END===

tl;dr version: problem-problem yang ditonjolkan tiap karakter terasa begitu alami dan banyak dialami oleh orang-orang di dunia nyata (including myself). Tambah bumbu fantasy, heboh sudah anime ini. d(≧∀≦)b

Mungkin Anda akan pernah melihat/mendengar beberapa komentar yang menganggap garis relationship dari ketujuh orang karakter utama terbilang kusut, ribet, simpang siur, dll-nya. Tapi saya katakan, TIDAK. Justru di sinilah keunikannya. Kalau anime ini cuma berkisar tentang Hikari x Manaka semata, saya nggak yakin kualitas dramatisasinya akan sebaik ini. Yakin deh, pasti jauh di bawah. Lagipula baru juga 7 orang, masa nggak sanggup? :P

Lanjut ke audio!

Seiyuu, no problem. Semuanya terasa cocok dan nge-blend dengan karakter masing-masing. Kalo OST... sorry to say, bukan selera saya. Secara objektif bagus-bagus kok, baik opening dan ending theme 1 dan 2. Cuma kalo bagi telinga saya, semuanya itu bukan sesuatu untuk didengerin sehari-hari. Kalo dirasa cocok dengan selera Anda, jangan ragu untuk beli/download. 

Miuna lagi.. Kyaaa

Tujuh kelebihan nggak menjamin Nagi no Asukara nggak punya kelemahan sama sekali. Emm... bukan kelemahan juga sih, cuma 1 yang bisa dianggap kelemahan. Yang 2 lagi lebih ke arah "annoying factor".

Satu hal yang bikin nilai Nagi no Asukara nggak bisa mencapai 9.7, 9.8, 9.9, apalagi 10: garis plotnya terlalu sederhana, twist nggak menggigit. Cukup nonton beberapa episode awal, ketebak sudah siapa akan jadian sama siapa (cuma yang nggak dapet siapa-siapa yang saya agak ragu karena sempet ngarep twist), tinggal mengira-ngira alasan gimana jadiannya. Untuk orang yang cukup memperhatikan subtle clue, semuanya sudah ketahuan bahkan sebelum episode 13 (termasuk untuk Sayu!). Seandainya ada twist menggebrak (contoh sederhana: ada yang mati, ada yang rebutan sampe perang-perangan tapi yang dapet malah yang nggak ikutan perang, atau main protagonist malah jadi sama yang lain), anime ini langsung saya lempar pake angka 9.9. Untung aja ngaduk-ngaduk emosinya cukup jago... jadi faktor ini nggak bikin anjlok-anjlok banget.

Langsung ke annoying factor pertama: hampir setiap episode pasti ada yang nangis. Sumpeh deh, sesensitif-sensitifnya saya, segampang-gampangnya saya nangis kalo nonton sesuatu yang menyentuh... kalo keseringan ditampilin scene nangis itu keterlaluan. Seakan-akan para karakter di sini lemah banget.

Annoying factor kedua adalah ciri dalam drama yang saya nggak suka: lagi adu argumen, eh... yang satu ngambek, marah, TERUS LARI KABUR dari TKP, entah yang cowok ataupun yang cewek. Ini BERKALI-KALI saya temui di dalam animenya. Kalo saya pribadi prefer 2 karakter itu bacot-bacotan sekeras mungkin di TKP (sampe si cowok digampar si cewek juga nggak masalah), yang penting yang mau diomongin bisa tuntas.

---------------

Rating:

9.1/10 (A rank) buat Nagi no Asukara untuk keindahan visualnya, kelengkapan sistem dan elemen-elemen, cerita yang padat berisi tanpa plothole, serta karakter-karakternya yang memorable dan sukses memainkanflow emosi secara sempurna.Top Banget deh pokoknya

Saya rekomendasikan anime ini untuk semua orang. Gak harus para pecinta anime romance - drama doang kok. Saya aja yang gak suka dengan genre ini bisa jadi suka. Meskipun awal-awal rada kesel sih karena terlalu lebay dramanya. Cuma kalo udah kebiasa, nanti keliatan banget kok kalo anime ini bagus. Bikin nagih, gak bisa berenti nonton XD

Dah yah cukup sekian, bingung juga mau ngomong apa lagi

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar