Sabtu, 03 Oktober 2015

Review Clannad Series

Yap kembali lagi kita akan membahas anime romance. Kali ini yang akan dibahas adalah Clannad Series, yang ceritanya jauh lebih sedih dibandingkan dengan Angel Beats ataupun Shigatsu wa Kimi no Uso. Anime Romance kali ini sangat direkomendasikan! SANGAT! Satu-satunya anime dengan rating SEMPURNA! Banyak yang menyukainya, cowok yang nonton ni Anime nyampe nangis, apalagi yang cewek, hahhahha. 

Seriusan deh.. Clannad ini bener-bener T.O.P. Bahkan temen ane yang mukanya sangar aja sampe nangis tersedu-sedu gara-gara nonton anime ini. Tapi emang bener sih, wajar jika banyak orang yang mengatakan kalo Clannad adalah salah satu Anime Romance Tersedih Sepanjang Masa.


Ane langsung membahas 2 season langsung pada review kali ini, yaitu : CLANNAD dan CLANNAD After Story. Kedua anime ini merupakan anime yang diambil dari visual novel karya KEY yang di produksi oleh Kyoto Animation. Clannad tayang di Jepang pada Oktober 2007 dan berakhir Maret 2008 sebanyak 23 Epsiode. Sedangkan season 2 yaitu Clannad After Story tayang pertengahan tahun 2008-2009 sebanyak 22 Episode + 1 Episode tambahan. Ada juga Episode Recall dan 2 Episode Another World. Bingung?

Nggak udah bingung, karena akan dibahas satu per satu disini. CLANNAD adalah anime yang lebih mengisahkan pada kehidupan sehari-hari serta permasalahan dalam sebuah hubungan. Jika di Clannad lebih menceritakan tentang keluarga, persahabatan, serta masalah sehari-hari di sekolah, dan impian maka di Clannad AS lebih kompleks. Tidak hanya masalah mengenai keluarga, maka disini juga masalah pribadi setelah lulus SMA. Sama seperti penonton yang lain, Clannad AS memang lebih menyentuh dan lebih lebih lebih dalam segala hal, bahwa rating Perfect diperoleh oleh Clannad AS. Oiya, bagi yang bingung, Clannad itu artinya adalah KELUARGA ^^~

CLANNAD 


Anime Clannad mengisahkan tentang kehidupan Tomoya Okazaki, seorang siswa SMA kelas 3 yang sering bolos dan dianggap anak nakal. Ia membenci kota tempat ia tinggal dan dilahirkan. Dulu kehidupannya seperti biasa, namun sejak ibunya meninggal, ia harus tinggal bersama ayah yang mabuk-mabukan dan bahkan tidak menganggapnya anak. Ia juga harus menanggung kesedihan dan berhenti dari klub basket karena cidera akibat pertengkarannya dengan ayahnya. Dari pada dirumah, Tomoya lebih suka di kost-kost an milik Misae-chan, dimana Sunohara temannya sesama bandel kos disana. Sebenarnya Tomoya nggak nakal, cuma karena ia berteman dengan Sunohara makanya ia ikut-ikutan.

Suatu hari di musim semi, Tomoya berangkat kesekolah dan bertemu seorang gadis aneh yang bicara sendiri, pada dirinya sendiri sambil bergumam 'Roti Kacang Merah', dan entah kenapa Tomoya malah masuk dalam percakapan itu. Itu adalah pertemuan dengan Nagisa Furukawa, gadis yang tinggal kelas selama 1 tahun karena penyakitnya, gadis yang bermimpi mendirikan klub teater, gadis yang kurang percaya diri namun ceria, gadis manis yang mengubah kehidupan Tomoya. 


Sejak hari itu, Mereka sering menghabiskan waktu bersama untuk mendirikan klub teater kembali. Berbagi pikiran dan Nagisa sering mendapat kepercayaan diri berkat Tomoya. Ia bahkan mengajak Tomoya kerumahnya dan berkenalan dengan kedua orang tua Nagisa. sejak saat itu, meskipun ia mengatakan ia hanya membantu Nagisa dan tidak tertarik dengan klub teater, tapi ia selalu ada di ruang klub bersama Nagisa dkk. Tomoya yang biasanya tak tertarik dengan kehidupan sekolah, rajin datang setiap hari menemui Nagisa dan menghabiskan waktu bersama. Banyak masalah yang terjadi, bahkan Tomoya harus menumpang di rumah Nagisa. 


Cerita Clannad tidak hanya terpaku pada kehidupan Nagisa. Tapi pada hampir semua tokoh dan inilah yang membuat menarik, bahwa tidap tokoh ternyata punya hubungan yang unik sesamanya. Dan ini juga terlihat di Clannad AS. 

Dimulai dengan keinginan Tomoya membantu Nagisa, Tomoya bertemu dengan banyak wanita yang bisa dibilang menyukainya. Mulai dari si kembar Kyou dan Ryou Fujibayashi yang menyukainya, dimana Ryou adalah gadis kalem ketua kelas 3-D, kelas Tomoya. Ryou menyukai Tomoya. Kyou sang kakak pandai berkelahi memelihara seekor babi hutan bernama Botan. Ia juga menyukai Tomoya, tapi mengalah demi Ryou. Kyou sering mengajak Tomoya makan siang bersama mereka demi mendekatkan Ryou dengan Tomoya.

Lalu hantu cantik Fuko Ibuki yang tubuhnya masih koma karena kecelakaan tapi Roh-nya ada disekolah, mengukir gambar bintang laut untuk diberikan kepada siswa agar menghadiri pernikahan kakaknya, Ibuki Kouko dan Yoshino. Ibuki adalah mantan guru di SMA itu, dan Nagisa adalah siswi terakhirnya. Sementara Yoshino adalah mantan penyanyi Rock idola Sunohara dan adiknya Mei yang kehidupannya akan diulas di Clannad AS. 


Lalu ada juga pertemuan dengan Tomoyo, gadis yang mengagumi Misae-Chan. Ia ingin menjadi Ketua OSIS di SMA itu demi melindungi pohon sakura yang ada di jalan menuju sekolah. Karena adiknya yang sakit menyukai tempat itu, ia dan keluarganya juga sering menghabiskan waktu disana. Tomoyo gadis yang jago berkelahi, ia dulunya mantan anggota Geng yang cukup ditakuti. Bisa dilihat kalau ia juga menyukai Tomoya. Lalu seorang Gadis bernama Kotomi, gadis yang sangat pintar dan sering menghabiskan waktu di perpustakaan. Pertama kali Tomoya bertemu dengannya ia mengira gadis itu sangat aneh karena sering menggunting buku di perpustakaan. Tapi Kotomi gadis yang baik dan pandai memasak sehingga ia sering menghabiskan waktu bersama Tomoya untuk makan. Siapa sangka ternyata ia adalah teman masa kecil Tomoya dengan masalah keluarga yang cukup pelik.

Masih banyak tokoh lainnya seperti Yukine Miyazawa, yang bermarkas di ruang referensi, yang diubah menjadi tempat minum teh bagi Tomoya dkk. Juga ada beberapa tokoh yang aku sendiri lupa namanya.

Jangan menganggap anime ini sepele, karena pesan moral didalamnya beneran kuat. Aku yakin siapa yang nonton anime ini pasti menitikkan air mata. Entah itu karena masalah teman-teman atau mungkin karena masalah Nagisa dan Tomoya sendiri. Tomoya, meskipun di cap sebagai anak nakal, ternyata ia adalah NICE GUY yang rela membantu teman-temannya. Ia selalu mencari jalan keluar bagi masalah teman-temannya. Ia adalah hero dalam anime ini. DAn Tomoya sendiri, mungkin hanya bisa di tundukkan oleh Nagisa tentu saja. Entah sejak kapan ia menyukai Nagisa. Tapi begitu tersadar, ia sudah menulis nama gadis itu di papan tulis. Mungkin saat Nagisa sakit dan tak bisa sekolah, Tomoya jadi jarang bertemu dengan Nagisa sehingga ia baru menyadari kalau ia menyukai Nagisa. Atau mungkin ia sadar saat menonton pertandingan tenis Tomoyo, saat bola mengenai Nagisa dan seorang pria akan menggendong Nagisa tapi dihalangi oleh Tomoya. Aku rasa saat itu ia menyadari kalau ia tak suka Nagisa di sentuh pria lain. Karena kebetulan pada saat itu semua yang menyukai Nagisa ada disana dan terlihat sedih. Tapi mereka menyerah, kalau itu memang Nagisa. 


Anime ini beneran menghangatkan hati. Banyak pesan moral yang diperoleh dari Anime ini. Terutama masalah keluarga. Karena CLANNAD sendiri memiliki arti Keluarga. Bahwa keluarga bukan hanya orang yang tinggal bersama kita, tapi orang yang dekat dengan kita, teman-teman kita adalah keluarga. Dan lagi aku suka kata-kata ibu Nagisa, bahwa setelah menikah dan memiliki anak, orang tua bukannya menghentikan mimpi mereka, tapi mengubah mimpi mereka menjadi impian anak mereka. Anak adalah impian pada orang tua. Ibu Nagisa dan Ayah Nagisa berhenti mengejar mimpinya setelah Nagisa lahir dan mengubah impian mereka, bahwa kebahagiaan Nagisa dan impian Nagisa adalah impian mereka^^ Meski begitu sebenarnya ada juga hal yang awalnya aku tidak mengerti, yaitu ada beberapa adegan dimana muncul sebuah negeri setelah kematian atau apapun itu. Ada seorang gadis yang sendirian disebuah dunia yang dibuang. Dan ia membuat boneka dari rongsokan dan bisa hidup. Nagisa mengatakan ia pernah tahu cerita itu dan dalam pertunjukan teaternya ia mengambil kisah itu. Tak ada yang pernah mendengar kisah itu. Tapi Tomoya merasa bahwa ia tahu kisah itu. Dan ada yang mengatakan kalau kisah itu adalah mimpi Tomoya. Hm...

Tapi hal ini akan dijelaskan di Clannad AS :D

Clannad berakhir dengan pernyataan cinta yang cukup sederhana dari Tomoya pada Nagisa. Tapi tetap menyentuh. Aku suka bagian ini dan ini memang yang paling aku nantikan, HAHHAHA. Dan bagi yang ingin nonton, diharapkan mencari waktu luang yang panjang, cemilan dan tissu yang banyak. HAHAHHAHA. Bikin banjir lokal!

CLANNAD AFTER STORY 


MAsih menceritakan kehidupan Nagisa dan Tomoya, kali ini setelah mereka berpacaran. Tomoya masih tinggal di rumah Nagisa dan menghabiskan banyak waktu bersama. Kisah lainnya adalah mengenai Mei-Chan yang ingin kakaknya berubah menjadi seperti dahulu. Perjuangannya agar kakaknya bisa di terima benar-benar kereeeen!!!

Lalu kisah Misae-Chan bener-benera bikin banjir air mata. Percaya nggak percaya, aku juga awalnya nggak percaya, Tapi sepertinya Tomoya punya kekuatan khusus dalam mimpinya. Karena ia melihat sesuatu dalam mimpinya, dari kucing milik Misae. Dulu waktu Misae SMA ia menyukai seniornya, tapi ada seorang pria mendekatinya, namanya Shima yang mengatakan kalau ia datang untuk membalas budi pada Misae. Namun saat Shima sadar, ternyata bukan dirinya, melainkan tuannya dulu yang ingin membalas budi melalui dirinya. Sayangnya Shima malah jatuh cinta pada Misae, begitu juga Misae. Namum waktu memisahkan mereka. Sebelum itu Shima sering berkata kalau ia bisa mengabulkan satu permintaan Misae. Misae mengatakan kalau ia ingin Shima ada disisinya selama-lamanya. Well, dan hal itu terjadi. Shima memang ada disisi Misae selama ini, karena dia adalah kucing milik Misae itu. Tomoya lah yang tahu akan hal itu. KEREEEEEEEN!!! 


Lalu masalah Yukine, dimana kakaknya adalah pemimpin salah satu Geng di kota itu,Kazuto. Kazuto amat ditakuti karena tak ada yang tahu wajahnya dan tak ada yang pernah menang melawnnya. Dan asal tahu saja, ternyata tuan-nya Shima itu adalah Kazuto! WOW! Aku beneran terkejut dengan hubungan ini!

Yukine pernah berkata mengenai legenda kota itu, jika ada kebahagiaan maka akan ada bola cahaya yang terbang ke angkasa. Siapa yang bisa menangkap bola itu maka satu keinginannya akan terkabul. Orang yang bisa menangkapnya adalah orang yang sangat baik dan beruntung, orang yang istimewa. Kakak Yukine lah salah satunya. Dan Tomoya akan menjadi salah satunya juga. 


Kita juga dibawa menuju kisah Yoshino - Ibuki. Bagaimana mereka bertemu sewaktu Yoshino SMA dan Ibuki adalah guru Seni-nya. Ibuki mungkin orang yang pertama memuji Yoshino dan ia jatuh cinta pada Ibuki. Sejak itu Yoshino mulai merajut mimpinya dengan bakatnya dalam musik. Ia menjadi terkenal. Tapi konsekuensinya adalah ia harus meninggalkan kota itu. Ia meninggalkan kota itu dan berjanji akan kembali pada ibuki. Sayangnya, Yoshino melupakan Ibuki setelah dirinya menjadi terkenal. Bahkan saat dirinya terpuruk, sangat terpuruk hingga tak bisa tertolong lagi. Ia kembali ke kota itu dan bertemu kembali dengan Ibuki. Hal ini menyadarkannya, apa yang membuatnya menjadi seperti sekarang adalah karena ia melupakan Ibuki. Dulu ia membuat lagu hanya untuk dirinya sendiri dan orang lain menyukainya, saat ia mencoba membuat lagu untuk semua penggemarnya, ia gagal. Sampai ditingkat yang paling buruk dan depresi. Saat ia kembali ke kota itu, ia baru menyadari ia melupakan janjinya dan ia juga baru menyadari harusnya sejak awal ia menujukan lagu buatannya untuk Ibuki, gadis yang dicintainya. Yoshino yang sudah menikahi ibuki mengatakan pada Tomoya, bahwa ia tak boleh melupakan orang yang penting baginya, apapun yang terjadi.

Huft. Memasuki inti kisah ini. Yaitu pada hubungan Tomoya-Nagisa. Nagisa sakit begitu musim gugur dan akhirnya tinggal kelas. Tomoya awalnya ingin tinggal kelas juga, tapi dilarang oleh orang tua Nagisa. akhirnya ia dkk lulus sementara Nagisa harus mengulang lagi. Sediiiiiiiiiiiih. Saat semuanya berpisah, tinggal Nagisa dan Tomoya yang bersama. awalnya Tomoya membantu di toko Nagisa. Tapi kemudian ia memutuskan pindah rumah dan bekerja sebagai tukang listrik bersama Yoshino. Nagisa sendiri menjalani sekolah seperti biasa. Namun ia sulit berteman. Bahkan klub teaternya dihapus karena tidak ada anggota. Namun Nagisa tetap bisa ceria.

Pada kelulusan SMA, Nagisa sakit lagi sehingga ia tidak bisa datang. Tapi Tomoya mengundang semua teman SMA dulu dan membuat upacara kelulusan untyuk Nagisa. Mengharukan. Apalagi saat Nagisa memberikan pidatonya, meski ia membutuhkan waktu 5 tahun untuk lulus SMA, tapi ia bahagia karena bisa bertemu dengan semuanya dan juga Tomoya. 


Nagisa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah Tomoya, memasakkan makanan tiap pagi dan malam. Hubungan mereka semakin mesra, hingga pada akhirnya, saat Tomoya akan mendapatkan suatu kesempatan, ayahnya mengacaukannya lagi. Ia benar-benar emosi saat itu. Tapi Nagisa selalu disisinya memberinya semangat. Aku rasa Tomoya memang orang yang sangat beruntung memiliki Nagisa. Dan tiba saatnya dimana Tomoya melamar Nagisa yang langsung diterima oleh Nagisa :')

Tapi sang ayah tidak akan mudah melepaskan anaknya, tentu saja. Dengan perjuangan keras, akhirnya Tomoya berhasil membuat ayah Nagisa yakin :') Bahwa ia ingin menikahi Nagisa. Adegan ini benar-benar membuatku terharu :')

Nagisa dan Tomoya menikah di catatan sipil, tanpa resepsi. Nagisa akhirnya tinggal bersama Tomoya. Hari-hari mereka lalui dengan ceria, sebagai pengantin baru. Sayangnya, sangat disayangkan, apa aku yang kelewatan, sama sekali nggak ada kissu scene mereka. Huft!!! (BT soalnya di Kyou Chapter Another World ada).

Hingga saatnya Nagisa hamil. Wew, semua anggota keluarga berbahagia. Tapi kebahagiaan hanya sampai saat Nagisa sakit kembali ditengah kehamilannya. Ini benar-benar menyedihkan. Nagisa menolak mengugurkan kandungannya. Ia ingin melahirkan bayinya. Akhirnya Tomoya setuju. Namun ternyata Nagisa melaahirkan 2 minggu lebih cepat dari prediksi. Malam itu salju tebal turun sehingga mobil tak bisa jalan dan Nagisa harus melahirkan di rumah. Bagi Tomoya, waktu itu adalah waktu yang sangat panjang sampai ia mendengar suara tangisan bayi. Bayi Nagisa dan Tomoya, Ushio. Tomoya sangat bahagia, namun kebahagiaannya sirna saat Nagisa berhenti bernafas. 


Sejak hari itu, Tomoya hidup karena ia berbafas. Ia tak bisa mati dan harus menjalani kehidupan seperti biasa. Ia bekerja hanya karena ia hidup. 5 tahun ia tidak punya semangat hidup. Ia bahkan mengabaikan Ushio yang tinggal bersama Ayah dan Ibu Nagisa. Menyedihkan! Hal ini juga yang dialami ayah Tomoya dulu, tapi pada akhirnya Tomoya melakukan hal yang sama.

Namun Sanae, ibu Nagisa tidak menyerah membuat Tomoya agar mau berkumpul bersama Ushio. Ia bahkan merencanakan Piknik bersama Ushio dimana pada akhirnya Ushio dan Tomoya-lah yang pergi. Mereka pergi ke sebuah desa dimana ada padang bunganya. Ushio bermain dengan robot pemberian ayahnya di taman bunga itu. Semetara Tomoya memperhatikannya dan sebuah kenangan muncul.

Tomoya bertemu neneknya disana yang menceritakan kisah Ayah Tomoya dulu. Ayah Tomoya menikahi ibu Tomoya saat mereka lulus SMA. Sama seperti Tomoya, Ayahnya juga sangat mencintai ibunya. ayahnya mencari nafkah untuk istrinya dan melahirkan Tomoya. Hari-hari yang sungguh indah sampai ibu Tomoya meninggal. Ayah tomoya juga sempat terpuruk setelah istrinya meninggal, tapi kemudian ia sadar bahwa ia harus menafkahi Tomoya. Tomoya selama ini melupakan kenangan itu. Bahwa ayahnya sangat baik padanya. Meskipun sering meninggalkan Tomoya sendirian dirumah, Ayahnya selalu tidak lupa membelikan makanan untuk Tomoya. Tomoya lupa akan hal itu. Nenek berkata kalau kehidupan ayah Tomoya amatlah sulit saat itu. Setelah istrinya meninggal, ia harus memikirkan Tomoya, perusahaan ayahnya bangrut dan hutangnya banyak. Makanya ayah Tomoya mabuk-mabukan. Tapi ia tak pernah berhenti memikirkan Tomoya. 


Tomoya tersadar, bahwa dirinya adalah anak yang jahat. Ia juga ayah yang jahat pada Ushio. Ia sadar sekarang ia adalah seorang ayah. Ia menemui Ushio yang tengah mencari robot yang hilang. Dan adegan mengharukan pun terjadi. Saat Tomoya minta Ushio tidak usah mencari robot itu lagi, karena mereka bisa membeli yang baru. Tapi Ushio menolak, karena itu adalah hadiah pertama dari ayahnya, ia harus mencarinya. Siapa ayah yang tidak akan menangis mendengar itu?

Bahkan Ushio pun ingin menangis. Tapi Sanae mengajari Ushio bahwa ia tak boleh menangis, Ushio hanya boleh menangis di dalam kamar mandi dan dipelukan ayahnya. Well, setelah mengajak Ushio tinggal bersama, akhirnya ayah dan anak ini menangis berpelukan. :')

Ushio dan Tomoya mulai hidup bersama. Kehidupan ayah dan anak yang menyenangkan. Pagi hari Tomoya mengantar Ushio ke TK dan siangnya ia menjemput Ushio. Ushio di rumah sendiri sampai malam tiba. Begitulah setiap hari berlalu dengan indah. Bahkan makin menyennagkan saat Tomoya tahu Kyou adalah guru UShio di TK itu. Namun kesenangan hanya sampai sebelum festival olahraga di TK itu, karena Ushio sakit. Sama seperti penyakit Nagisa. Bahkan lebih parah. Ushio sakit sampai beberapa bulan. Hikkkkzzzzz. Seperti yang kalian tahu, Ushio meninggal dalam perjalanan piknik. Karena Ushio ngotot ingin piknik di taman bunga itu. Itu adalah kehidupan terberat seirang pria. Tomoya Okazaki, kembali mengutuk kota itu.

Dalam Clannad, sebenarnya diceritakan juga mengenai dunia ini yang terdiri dari beberapa dimensi. Bahwa kau yang ada disini, mungkin ada di dunia lainnya. Ada banyak masa depan yang bisa kau pilih. Begitulah. Di dimensi lain, di dunia yang akan berakhir, seorang gadis dan robot rongsokannya, itu adalah Ushio dan Tomoya. Bola cahaya yang mengabulkan permintaan. Mungkin Tomoya tak sadar, tapi salah satu bola cahaya sudah masuk ke tubuhnya. Dan saat ia tersadar, Tomoya kembali ke kejadian 5 tahun yang lalu. Saat Nagisa melahirkan Ushio. Nagisa selamat dan Ushio menjadi gadis yang sehat. Ingatan setelah Nagisa meninggal seolah hanya ingatan saja, seperti mimpi bagi Tomoya. Tapi menurutku itu bukan mimpi, itu sebenarnya terjadi. Tetapi saat dunia yang ditinggalkan itu berakhir, saat itulah Ushio mati. Dan saat itu terjadi, Tomoya sempat berteriak, selamatkan kami. Aku rasa itu sebabnya ia kembali ke masa 5 tahun yang lalu. 


Kemudian apa yang terjadi?
Nagisa dan Tomoya berbahagia dengan Ushio. Tentu saja. Menjadi orang tua bagi puteri mereka. Sanae dan Akki juga berbahagia dengan cucu mereka. Sunohara ada di desanya dan sudah memiliki pekerjaan meski ia masih ceroboh. Kyou menjadi guru TK yang disayangi muridnya. Ryou menjadi perawat. Kotomi melanjutkan penelitian ayah dan ibunya mengenai dunia lain. Fuko sadar dari koma dan menjadi sahabat Ushio. Akhir yang bahagia. Benarkan?

CLANNAD After Story Extra Episode + Recall

Setelah Clannad after Story, ada episode tambahan yang menceritakan kejadian 1 tahun sebelum pertemuan Nagisa dan Tomoya di jalan menuju sekolah. Yaitu saat Nagisa kelas 3 SMA dan Tomoya kelas 2 SMA. Nagisa masih gadis yang sulit bersosialisasi. Ia pertama kali bertemu Tomoya saat tak sengaja saling menabrak di dekat pengumuman pembagian kelas. Tapi mereka tak saling mengenal. Lalu berikutnya adalah saat Sunohara ingin menjahili siswi kelas 1 yang baru masuk dengan membuat semacam perangkap, dan yang kena malah Nagisa. Tapi berkat itu Nagisa akhirnya punya teman, dan ia sangat bersyukur pada orang yang membuat jebakan itu. WOW. Takdir.

Clannad Recall sendiri menceritakan tentang Tomoya yang menceritakan pada Ushio tentang bagaimana pertemuannya dengan Nagisa. Ia menceritakan dari awal. Ia juga menceritakan tentang sebuah ingatannya seperti mimpi, saat Nagisa dan Ushio meninggal.

Tomoyo Chapter Another World

Seperti yang aku katakan sebelumnya, dunia dalam Clannad ada beberapa dimensi. Dan di di dunia lain, di Tomoyo Chapter, diseritakan kalau Tomoyo pacaran dengan Tomoya. Tetap sama, Tomoya anak pemalas sedangkan Tomoyo adalah ketua OSIS. Sejak jadi ketua OSIS, Tomoyo jarang bersama Tomoya. Bahkan timbul banyak gosip tentang Tomoya dan Tomoyo yang mengatakan kalau Tomoya hanya mengganggu ketua OSIS dll.

Well, sepertinya Tomoya nggak tahan atau mungkin ia merasa benar kalau dirinya nggak cocok dengan Tomoyo, makanya mereka putus. Tapi setelah putus kita bisa melihat kalau Tomoya benar-benar menyukai Tomoyo. Hingga pada hari kelulusan, mereka bersatu kembali.

Kyou Chapter Another World

Cinta segitiga antara Kyou, Tomoya dan Ryou. Ryou nembak Tomoya dan jadian dengannya meskipun agak terpaksa. Dan saat itu Tomoya baru menyadari kalau sebenarnya ia menyukai Kyou bukan Ryou. Kyou sendiri nggak mau mengganggu hubungan Ryou dan Tomoya. Meskipun ia menyukai Tomoya tapi semua sudah terlambat. Tomoya sempat terombang ambing hingga akhirnya ia memutuskan untuk putus dengan Ryou karena yang ia sukai adalah Kyou.

PUANJANG!!!!
Capek juag menulisnya, tapi semuanya adalah Spoiler! Banyak yang belum aku ceritakan sebenarnya. Tapi nonton aja deh biar seru. Aku benar-benar menyukai kisah ini. Banjir lokal itu nggak main-main ternyata, beneran ikutan nangis nonton anime ini. Entah kenapa kita juga merasakan hal yang sama dengan sang tokoh utama. Ekspresi tokohnya juga bagus. Siapa bilang cowok kuat itu nggak boleh menangis?? Kalau nggak pernah menangis maka bukan cowok namanya! Itu lah kesimpulanku atas Tomoya. Kereeeeeeeeeeeen!!! HAHAHHAHAH.

Nagisa meskipun kalem banged dia cukup bisa memotivasi Tomoya. Tomoya mengatakan kalau dirinya tidaklah baik. Dia bukanlah orang yang baik untuk Nagisa dan kenapa Nagisa menerima lamarannya. Nagisa membantah itu. Tentu saja. Nagisa membutuhkan Tomoya dan Tomoya membutuhkan Nagisa. Saat mereka bersama semuanya menjadi berbeda. Mereka saling mendukung dan bisa saling mengisi. Pasangan yang cocok.

Diantara tokoh lainnya, yang paling berkesan adalah Sunohara. Meskipun BODOH, kalau nggak ada dia anime ini juga nggak seru. Ia juga sering memotivasi Tomoya dan memang sahabat sejati Tomoya. Tapi tindakannya jangan ditiru ya, soalnya dia ini banyak negatifnya juga :D

Well, sebenarnya ada juga yang sedikit mengecewakan. Aku berharap ada romance scene Tomoya - Nagisa, tapi ternyata sampai akhir ngga ada. Hikzzz. Bayangin aja kissu aja nggak ada. Paling di pipi. Malahan yang di Kyou Chapter kok ada????????? Itu yang membuatku emosi. Dari pada Tomoyo Chapter, aku memang lebih menyukai Kyou Chapter, soalnya feel-nya lebih dapet.

Anime ini dibuat movie juga oleh Toei Animation. Tapi gambarnya kurang bagus. Ceritanya masih seputaran gabungan Clannad & Clannad AS. Tapi menurutku kurang seru, kayak didramatisir gitu. Gak lah, pokoknya bagusan The Series^^ Dijamin jika kamu nonton anime ini nggak akan menyesal. Banyak pesan moralnya. Kamu bisa tertawa sekaligus bersedih. Mungkin juga kamu mengerti dan lebih mengerti bagaimana keluarga itu sesungguhnya. Kesepian, kehangatan, cinta....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar