Sabtu, 05 September 2015

Review Hanasaku Iroha

Hanasaku Iroha, atau yang biasa disingkat menjadi HanaIro adalah anime hasil produksi studio P.A. Works yang rilis pada musim spring 2011 silam, berbarengan dengan rilisnya Ao no Exorcist, Denpa Onna to Seishun Otoko, Deadman Wonderland, Hidan no Aria, Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai, TWGOK Season 2, SKET Dance, dan Steins;Gate.

Synopsis :

Karena masalah yang dialami ibunya (kabur bersama pacarnya untuk menghindari penagih utang), Ohana terpaksa pindah sendirian dari Tokyo ke daerah fiksi bernama Yusonagi untuk tinggal bersama neneknya.

Sesampainya disana, Ohana menyadari kalo neneknya adalah pemilik sebuah penginapan dan pemandian air panas bernama Kissuisou. Neneknya menyuruh Ohana untuk bekerja sebagai salah satu waitress di penginapan tersebut untuk membiayai hidupnya sendiri. Dan disanalah kehidupan baru Ohana dimulai :)

Story :


Berbeda dengan anime Slice of Life pada umumnya yang bersetting di sekolah, HanaIro mengambil setting tempat di sebuah penginapan yang bernama Kissuisou. Jalan ceritanya pun bukan tentang anak sekolahan, melainkan tentang seorang gadis yang bekerja di penginapan tersebut.

Lantas, apakah tema unik itu selalu menarik untuk ditonton?

Belum tentu.
Jujur aja, pertama kali denger HanaIro, ane sama sekali gak tertarik untuk nonton anime ini. Dan baru mencoba untuk nonton ketika temen ane bilang kalo anime ini bagus.

Dan ternyata, apa yang temen ane bilang itu BENAR.
HanaIro berhasil membuat ane jatuh cinta dengan caranya sendiri. Dan sekarang ane berani bilang kalo HanaIro adalah salah satu anime bergenre Slice of Life terbaik yang wajib untuk ditonton.

Meskipun konsep cerita dari anime ini tidak menarik untuk sebagian orang, tapi karena penyajian ceritanya yang cerdas, HanaIro menjadi sangat asyik untuk ditonton. Mereka tahu betul bagaimana cara membuat kehidupan para pegawai di Kissuisou tidak terasa membosankan, yaitu dengan menyajikan konflik-konflik yang bisa dikorelasikan dengan konflik yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. Dan cara yang mereka lakukan itu benar-benar sukses. Ane selalu saja dibuat penasaran dengan apa yang sedang dan akan terjadi di penginapan dan pemandian air panas tersebut.


Jadi HanaIro cuma sekedar menceritakan kehidupan para pegawai di Kissuisou saja?

Ya gak dooong.
Bisa dibilang, inti cerita dari anime ini adalah tentang pencarian jati diri yang dilakukan oleh Ohana. Mulai dari bagaimana Ohana mengenal dirinya sendiri, menemukan tujuan hidupnya, mengatasi setiap masalah yang dihadapinya dan masih banyak lagi. Yang jelas, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari anime ini dan bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Tadi ane liat MyAnimeList, ternyata HanaIro bukan anime romance ya gan?

Konsentrasi ceritanya bukan kearah romance, tapi ada unsur romance kok didalamnya. Unsur romance yang ada didalamnya dipupuk sedikit demi sedikit sehingga terasa klimaks begitu cerita yang disampaikan menyangkut tentang konflik romance antara karakternya. Namun karena porsi romance di anime ini terlalu sedikit, maka HanaIro bukan termasuk Anime Romance dengan Unsur Drama Terbaik yang direkomendasikan.

Terus anime ini ada kekurangannya gak?

Ya tiap anime juga pasti ada kekurangannya dong gan.
Untuk HanaIro, ada 2 kekurangan yang jelas terlihat, yaitu FANSERVICE dan Episode Filler.

Pertama kita bahas FanService dulu.
Kita membahas tentang anime yang menceritakan kehidupan di penginapan dan pemandian air panas dimana rata-rata pegawainya adalah seorang perempuan. Dari sini saja kita sudah bisa menebak kalo didalamnya pasti ada FanService, kan?

Hmm.. cuma dibilang kekurangan juga kayanya kurang cocok deh. Karena mungkin bagi sebagian orang FanService itu sangat dibutuhkan dan bisa membuat cerita lebih mudah dinikmati. Tapi kalo menurut ane pribadi, FanService Scene yang ada di HanaIro cukup menganggu, dan alangkah baiknya jika sama sekali tidak ada "FanService nakal" didalamnya.

Kedua, Episode Filler.
Di pertengahan episode, jalan cerita dari HanaIro sempat keluar jalur. Dan menurut ane pribadi, episode tersebut lebih cocok dijadikan OVA ketimbang main story dari animenya. Mungkin sebagian orang akan kesal dengan episode ini karena terkesan menunda-nunda cerita utama yang sedang berjalan.Kalo ane pribadi sih gak terlalu terganggu dengan episode filler ini, udah terlanjur cinta sama anime ini soalnya :D

Character :


Tidak ada keunikan mencolok yang mudah diingat dari karakternya. Karakternya normal seperti anime pada umumnya. Justru karakter anime seperti inilah yang cocok untuk anime dengan dominasi Slice of Life didalamnya. Gak mungkin kan, kalo di HanaIro ada karakter seperti Gasai Yuno dari Mirai Nikki, yang karena masalah sepele bisa membuat kepala orang melayang ataupun karakter seperti Suzumiya Haruhi yang ingin bertemu dengan Alien, Time Traveler dan Esper?

Development tiap karakternya pun dipersiapkan dengan sangat baik. Paling tidak menjelaskan alasan mendasar kenapa mereka bekerja di penginapan tersebut. Dan yang paling harus digaris bawahi tentu saja main character dari anime ini, Matsumae Ohana. Disini ane sangat menikmati development yang terjadi pada Ohana, yang terlihat semakin dewasa dari hari ke hari berkat masalah-masalah yang muncul di kehidupannya.

Hubungan tiap karakternya pun sangat nyaman untuk ditonton. Terutama hubungan antara Ohana, ibunya dan neneknya. Hubungan antara ketiga wanita ini memberikan warna yang beda untuk anime ini. Mungkin jika kita menggambarkan dalam benak kita sendiri, setiap hubungan keluarga pasti selalu memliki sinkronisasi yang kuat, penuh haru, terikat dan saling ketergantungan. Tapi di Hanasaku Iroha ini, kita tidak akan bisa menemukan keharmonisan tersebut. Tapi kita di beri sajian baru dalam memaknai "hubungan baru" yang mereka tampilkan. Keren banget pokoknya!

Music :


Berikut lagu Opening dan Ending yang dijadikan Soundtrack di Hanasaku Iroha :

Opening Theme
#1: Hana no Iro by nano.RIPE
#2: Omokage Warp by nano.RIPE

Ending Theme
#1: Hazy by Sphere
#2: Hanasaku Iroha by Clammbon

Percis seperti apa yang ane bilang di Review Hataraku Maou-sama, ane gak terlalu suka dengan suara vokalis nano.RIPE yang terkesan seperti dibuat-buat. Tapi anehnya, ane selalu suka dengan lagu nano.RIPE

Dari semua soundtrack yang ada di HanaIro, lagu yang paling enak didengar adalah lagu opening pertamanya, yang berjudul Hana no Iro. Bisa dibilang lagu tersebut masuk ke daftar OST Anime Terbaik di Tahun 2011, tapi setidaknya lagu ini berhasil masuk ke playlist PotPlayer ane XD

Rating :

Statement ane bahwa Hanasaku Iroha adalah salah satu anime Slice of Life terbaik bukanlah tanpa alasan. Keunikan yang dimiliki HanaIro beserta eksekusinya yang patut diacungi jempol, tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk anime bergenre Slice of Life yang biasanya tidak jelas kemana arah ceritanya mengalir.

Bagi kalian yang suka dengan anime Slice of Life yang diselingi dengan unsur comedy dan romance didalamnya, maka kalian harus nonton anime ini. Dari mulai animasi sampai ke cerita, semuanya bagus. Dijamin gak bakal nyesel deh XD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar