Rabu, 16 September 2015

Review Tonari no Kaibutsu-kun

Setelah Sakurasou no Pet na Kanojo dan Chuunibyou Demo Koi ga Shitai, sekarang ane pengen review Anime Romance-Comedy lainnya yang muncul pada musim yang sama, yaitu Fall 2012. Anime ini berjudul Tonari no Kaibutsu-kun.

Tonari no Kaibutsu-kun Merupakan anime adaptasi dari manga buatan Robico dengan total 12 volume manga, animenya sendiri dikatakan menceritakan separuh jalan cerita dari manganya, walaupun gw pribadi belum baca manganya, sehingga tidak bisa memberikan perbandingan dengan versi manganya.

Story :

Mengambil tema romance antara 2 orang remaja, yakni Mizutani Shizuku dan Yoshida Haru, yang menurut gw pribadi cukup unik, karena kedua tokoh utamanya memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang dan unik, tapi saling jatuh cinta dalam waktu singkat, hal tersebut membuat perjalanan cinta mereka tidak "senormal" pasangan pada umumnya. Dari segi cerita, dengan tema romance yang unik seperti itu, sebenarnya membuat gw cukup "berharap banyak" dari anime ini ketika menyaksikan episode" awal, karena dari awal pace ceritanya sangat cepat dan justru menurut gw episode awalnya lah yang layak dijadikan klimaks dari cerita, tapi kemudian episode" berikutnya rasanya malah mengalami pace/alur yang "naik-turun" antara klimaks dan anti-klimaks, terutama pada episode terakhirnya yang menurut gw sangat anti-klimaks dan kurang "menyentuh" untuk mengakhiri sebuah season, selain itu rasanya masih banyak bagian dari cerita yang agak kurang jelas dan menggantung, khususnya di bagian latar belakang para karakter (walaupun mungkin itu merupakan pertanda akan adanya season 2). Oleh karena itu Tonari no Kaibutsu-kun tidak berhasil masuk ke dalam salah satu Anime Bergenre Romance Terbaik yang Direkomendasikan.

Meski demikian overall jalan ceritanya cukup menarik, karena hubungan Haru dan Shizuku yang tidak seperti di anime" romance lainnya, di mana justru Tonari no Kaibutsu-kun ini justru lebih menonjol unsur comedy, dan unsur romancenya ditampilkan dengan cara yang unik dan tidak berlebihan, dan hebatnya lagi unsur comedy kebanyakan bersumber dari kelakuan para karakternya, bukannya mengandalkan comedy ecchi, ditambah lagi selipan unsur persahabatan antar para karakter yang menjadikan anime ini menjadi anime romance yang cukup colorful. Overall unsur comedy di anime ini terbilang cukup bagus, meskipun tidak masuk kedalam Top 30 Anime Comedy Terbaik yang Bisa Bikin Ngakak.


Karakter :

Dari segi karakter, karakter dan Tonari no Kaibutsu-kun cukup beragam, dan masing-masing memberikan warna pada cerita, khususnya keunikan dari kedua tokoh utama :

Yoshida Haru, seorang remaja yang di luarnya terlihat sangar dan kasar, tapi sebenarnya memiliki hati, pikiran dan kelakuan seperti anak kecil, jenius, sangat polos dan ceria, tidak memikirkan pendapat orang di sekitarnya dan berlaku sesukanya. Masa lalu dan hubungan yang sepertinya buruk dengan keluarganya menjadikannya anak yang kesepian, tapi tidak mampu bersosialisasi dengan baik sehingga membuatnya menjadi anak yang canggung dan kasar, tapi sebenarnya dia hanya sangat ingin memiliki teman, memiliki banyak sisi dalam dirinya, dia bisa terkadang seperti anak kecil yang polos dan ceria, tapi bisa dengan mudah terlihat dingin dan menakutkan. Jatuh cinta pada Shizuku karena dia merasa nyaman berada di dekat Shizuku yang bisa menerimanya apa adanya. Dihidupkan dengan sukses oleh Tatsuhisa Suzuki yang mampu membawakan kepribadian Haru yang unik dan ceria, juga merupakan seiyuu dari Yuuji Sakamoto dalam Baka to Test to Shoukanju dan Kazunari Takao dalam Kuroko no Basuke. 

Mizutani Shizuku, sebagai pasangan dari Haru yang merupakan kebalikan totalnya, Shizuku gadis yang serius dan sangat mencintai belajar, mengutamakan nilai pelajarannya di atas hal apapun, sangat cuek dan dingin, yang mungkin disebabkan juga oleh kehidupan keluarganya, dimana dia hanya tinggal bertiga dengan ayah dan adik laki"nya, sedangkan ibunya selalu tidak di rumah karena bekerja, sehingga dia menjadi pribadi yang kesepian tapi dia sendiri tidak menyadarinya. Selalu bingung melihat Haru yang bisa dengan begitu tulus mengejarnya, tapi dia sendiri menyukai Haru walaupun awalnya dia dilema karena merasa perasaannya tersebut dapat mengganggu nilai-nilai pelajarannya. Disuarakan oleh seiyuu yang sepertinya sedang populer belakangan, yakni Haruka Tomatsu, yang dengan sukses membawakan karakter dingin dan serius Shizuku seperti ketika dia membawakan karakter Morgiana dalam Magi, juga merupakan seiyuu dari Rio Kamichika dalam Durarara!! * Seiyuu


Karakter" lainnya pun sebenarnya menarik untuk diikuti, didukung oleh seiyuu" yang cukup berkualitas dan masing-masing sukses menghidupkan karakternya, para karakter supporting pun sedikit demi sedikit mulai memiliki kisahnya sendiri seiring dengan berjalannya cerita, membuat penasaran bagaimana kelanjutan dari kisah mereka, tapi sayangnya dalam season ini masih belum terjelaskan bagaimana akhir cerita mereka masing", sehingga gw pribadi berharap juga agar Tonari no Kaibutsu-kun dapat di lanjutkan ke season 2 yang lebih baik lagi. Dari segi seiyuu, selain para karakter supporting tersebut, gw menemukan fakta menarik yang cukup lucu menurut gw, karena ternyata seiyuu dari Nagoya si ayam jantan yang jadi maskot Tonari no Kaibutsu-kun ini adalah seiyuu dari Kagami Taiga di Kuroko no Basuke :)) 

Animasi dan Music Score :

Dari segi animasi dan artwork, Tonari no Kaibutsu-kun memilik artwork yang colorful dan menarik, dan cukup detail dalam penggambaran karakter, dan bagian lain yang gw suka dari anime ini adalah music scorenya, karena dalam berbagai adegan, seringkali diiringi oleh instrumental yang rasanya "pas" dan membuat adegan"nya semakin"menyentuh, tidak terlalu mellow tapi tetap manis. Dengan lagu OP berjudul "Q & A Recital" yang dibawakan oleh seiyuu dari Shizuku sendiri yakni Haruka Tomatsu dan lagu ED berjudul "White Wishes" dari 9nine yang juga menyumbangkan lagu "Shoujo Traveler" untuk Beelzebub, sukses membawakan image romance yang unik dari hubungan Shizuku dan Haru, ceria tapi romance-nya terasa banget. Dan kebetulan lagu yang dibawakan Haruka Tomatsu sangat enak didengar dan berhasil masuk kedalam 20 Lagu OST (Original Soundtrack) Anime Terbaik di Telinga Admin AmagiPark.

Overall, Tonari no Kaibutsu-kun merupakan anime yang STANDARD, mengambil tema romance yang unik dan kaya akan comedy, sayang penceritaannya agak naik-turun klimaks dan anti-klimaksnya, tapi tetap menjadikannya anime yang menghibur. ^^~ 

(+) Cerita romance comedy yang unik, ceria dan fresh ^^~ 

(-) Pace cerita naik-turun dengan ending yang anti klimaks :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar